20 Cara Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda

Selasa, 16 Februari 2016

20 Cara Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda - Sukses! Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang sukses? Bahkan anak-anak kecil saat ini, jika ditanya apa cita-cita mereka, mayoritas pasti menjawab ingin menjadi sukses. 

Sumber: bisnis.liputan6.com

Namun pada kenyataannya, menjadi sukses tidaklah semudah seperti kedengarannya. Untuk sukses dalam bidang apa pun yang anda kerjakan, anda harus mau bekerja keras dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan apa pun yang ingin anda tuju. Tidak jarang, dalam perjalanan menuju kesuksesan, anda harus menemui jalan buntu berkali-kali, terpeleset, bahkan jatuh tersungkur bukan hanya sekali tapi berkali-kali hingga anda merasa nyaris tidak bisa bangun lagi. Tapi, jika anda ingin menjadi sukses, anda harus berusaha bangkit lagi dan lagi untuk terus melangkah menuju kesuksesan. Sayangnya, tidak semua memiliki sifat pantang menyerah.  

Yang menyedihkan adalah, kebanyakan dari mereka bahkan tidak memiliki mimpi untuk menjadi sukses dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Atau yang lebih parah lagi, memiliki mimpi untuk menjadi sukses tapi mereka tidak melakukan apa pun selain diam dan berkhayal. Well, pada kenyataannya, bermimpi bukanlah yang buruk. Banyak orang sukses yang memulai kesuksesannya dari sebuah mimpi atau cita-cita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, lalu mimpi tersebut berubah menjadi niat, dan mereka kemudian mengembangkannya menjadi sebuah usaha dan visi yang jelas, hingga akhirnya berhasil mengubah mimpi mereka jadi sebuah kenyataan. 

Selain bermimpi dan berusaha keras, untuk menjadi sukses biasanya dimulai dari melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang baik untuk diri anda. Seperti yang dilansir oleh lebahmaster.com, berikut ini tips cara menjadi orang sukses yang wajib anda coba!

Cara Menjadi Orang Sukses



1. Punya Niat dan Keinginan Yang Kuat


Sumber: get-realty.com

Untuk sukses di usia muda harus punya niat sukses dan memiliki keinginan untuk sukses, jangan hanya menghayal saja tapi tekadkan niat anda dengan kuat dan tanamkan ambisi bahwa anda harus bisa sukses. 

2. Memiliki Impian Sukses


Sumber: rfinancindo.com

Bermimpilah karena bermimpi itu gratis, jangan hiraukan perkataan orang lain tentang mimpi anda, karena mimpi mampu menjadi bahan bakar semangat anda. Tuliskan impian anda sebanyak – banyaknya pada sebuah buku, lalu baca dan baca bila perlu tempelkan pada dinding yang sering anda lihat. tetaplah jaga semangat dan motivasi sukses anda.

3. Punya Tujuan Sukses


Sumber: youandmesucces.blogspot.com

Untuk sukses di usia muda harus punya tujuan, tentukan tujuan anda, buatlah menjadi 3 bagian : tujuan jangka pendek,menengah dan tujuan jangka panjang. Jika hidup tidak punya tujuan maka anda hanya ibarat sebuah perahu di lautan yang terombang ambing kesana kemari tanpa arah dan tujuan. Mereka yang gah latelah berhasil sukses di usia muda karena mereka punya tujuan lalu mereka selalu berusaha untuk meraih tujuan mereka secepat mungkin. 
Cara Menjadi Orang Sukses
4. Tentukan Jangka Waktu Sukses Anda


Sumber: wattpad.com

Maksudnya ialah, anda menentukan waktu kapan anda akan bisa dan harus berhasil, misalnya dalam dua tahun saya harus punya rumah, setelah 5 tahun dari sekarang saya sudah punya perusahaan sendiri. Atau jika anda mahasiswa buatlah “ sebelum lulus kuliyah saya harus punya bisnis” sehingga setelah lulus bisnis anda sudah berjalan dan menjadi besar.

5. Buat Strategi


Sumber: blog.jejualan.com

Buatlah rencana atau strategi apa yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan, apa yang akan anda lakukan, dan bagaimana anda melakukannya. Dengan begitu anda akan memiliki langkah yang pasti.

6. Kompeten


Sumber: kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com

Meningkatkan kapasitas diri anda , seperti : knowladge/pengetahuan, attitude/sikap, dan skill/kemampuan anda.  

7. Action


Sumber: onlinehawzah.com

Setelah punya niat, impian,tujuan dan strategi maka jangan lagi di tunda waktunya untuk beraksi, segeralah memulai karena dengan memulai anda akan membuka ketidak jeasan masa depan anda, berani memulai akan membuka pintu sukses yang lama tertutup. Beranilah menerima dan mengambil resiko, karena resiko adalah alat pembentukan kekuatan dan kehebatan diri, berani merubah ide,rencana,gagasan dan tindakan anda.

8. Result/Hasil


Sumber: newstimes360.com

Anda harus berani menerima kenyataan hasil usaha anda, suka atau tidak itulah hasil anda, setiap hasil yang kita inginkan akan berbanding seimbang dengan usaha anda dan jangan lupa untuk selalu melakukan inovasi agar menjadi lebih baik.

9. Lakukan Evaluasi


Sumber: maxmanroe.com

Selalu melakukan evluasi terhadap hasil kerja anda, buat jadwal atau waktu untuk melakukan evaluasi secara rutin. Misalnya, setiap akhir bulan atau setiap beberapa bulan sekali. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, anda bisa melihat perkembangan usaha anda, apa yang kurang, dan apa yang perlu dipertahankan.

10. Beri Nilai Setiap Usaha


Sumber: merdeka.com

Berilah nilai setiap usaha anda apakah : excellent,Very Good, Good, Everage, Poor. Jika anda merasa anda yang kurang, jangan menyerah dulu. Cari solusinya dan jangan pernah menyerah.

11. Bergaul Dengan Banyak Orang


Sumber: pondokperubahan.com

Untuk menjadi orang yang sukses, anda tidak bisa hanya mengerjakannya sendirian. Apa pun usaha anda, anda membutuhkan jaringan yang luas. Untuk itu, jadilah orang yang supel dan mudah bergaul. Miliki teman sebanyak-banyaknya. Untuk menjadi sukses dalam setiap usaha yang anda kerjakan, maka memiliki teman bisa dibilang adalah sebauh investasi yang baik.

12. Tidak Mudah Menyerah


Sumber: tigasiku.com

Seperti yang sudah dibahas, untuk menuju sebuah kesuksesan banyak sekali rintangan yang akan anda hadapi. Saat anda mengalaminya, jangan pernah menyerah. Cobalah untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya dan jadikan rintangan tersebut sebagai pengalaman. 

13. Banyak Belajar


Sumber: news.okezone.com

Jangan ijinkan diri anda menjadi gagal di usia muda, bekerjalah atau buatlah pekerjaan dan pekerjakan diri anda. Belajar dan terus banyak belajar bagaimana cara menjadi orang sukses di usia muda. 

14. Berdoa


Sumber: alhikmahdua.net

Sebuah usaha, sekeras apa pun tidak akan lengkap tanpa bantuan sebuah doa. Untuk itu, berdoa menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan pernah menyepelekan sebuah doa, karena sekeras apa pun usaha anda, tanpa izin dan kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa, semua itu akan jadi mustahil untuk diraih.

Nah itu dia cara menjadi orang sukses. Sebenarnya, jika dilihat, cara-cara menjadi orang sukses itu tidak sulit, yang membuat sulit adalah diri kita sendiri. Selain cara menjadi orang sukses di atas, ternyata kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif untuk dilakukan. Meski kelihatannya sangat sepele, nyatanya langkah kecil, atau kebiasaan kecil inilah yang menjadi salah satu modal utama mereka untuk meraih kesuksesan. Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, berikut ini kebiasaan orang sukses yang wajib anda ikuti.

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dilakukan Oleh Orang Sukses


1. Terbiasa Bangun Lebih Pagi


Sumber: alhikmahdua.net

Penulis Laura Vanderkam, yang terus menerus mempelajari akan jadwal dari beberapa orang sukses mengungkapkan bahwa mereka ternyata memiliki satu kebiasaan yang sama. Mereka terbiasa untuk bangun lebih pagi dibandingkan yang lain. Bangun lebih pagi ternyata memiliki segudang manfaat. Anda memiliki kesempatan untuk bisa hadir sebelum anda dihantui oleh berbagai macam pekerjaan yang harus anda selesaikan. Hal ini dapat membangun mood anda menjadi lebih baik. Hal pertama yang dapat anda lakukan agar dapat menyesuaikan jadwal sehingga mampu bangun lebih pagi adalah memindahkan semua pekerjaan yang seharusnya anda selesaikan pada malam hari dan mengerjakannya pada pagi hari. Hal ini akan membantu anda untuk dapat lebih produktif. 

2. Tidak Mudah Panik Ketikan Beberapa Hal Tidak Berjalan Sesuai Rencana


Sumber: teruskan.com

Sebagian orang merasa cemas dan stress ketika apa yang mereka harapkan tidak berjalan sesuai apa yang diharapkan, namun nyatanya hal-hal seperti ini pasti saja akan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Orang-orang sukses mengerti bahwa mereka tidak dapat mengontrol semuanya, sehingga dapat mengantisipasi kesalahan yang muncul. Mampu menghadapi permasalahan merupakan bagian besar dari kesuksesan seorang pengusaha. Coba bayangkan kesalahan apa saja yang dapat muncul, dan anda dapat menghadapi hal tersebut serasional dan seefektif mungkin. 

3. Bekerja Disaat Mereka Tidak Harus Melakukannya


Sumber: merdeka.com

Di saat pagi, malam bahkan akhir pekan di mana sebagian orang tidak memilih untuk tidak bekerja, orang-orang sukses ini justru memilih untuk terus bekerja ketika inspirasi menghampiri mereka. 

4. Kerjakan Tugas Yang Lebih Penting Terlebih Dahulu


Sumber: kawokamil.wordpress.com

Sebagian besar orang memilih untuk melakukan pekerjaan yang sederhana terlebih dahulu sesaat mereka sampai di kantor. Namun nyatanya, otak kita ternyata memiliki kemampuan paling produktif ketika di awal hari. Jadi, hal ini merupakan waktu yang paling tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Jika anda tidak memiliki kesempatan untuk bekerja pada tugas-tugas yang pneting terlebih dahulu, maka Anda justru harus membawa pekerjaan tersebut ke rumah atau datang ke kantor lebih pagi dari biasanya. 

5. Mengumpulkan Jadwal Pada Suatu Tempat


Sumber: successwithahomebusiness.com

Orang-orang biasanya memilih untuk membuat semua jadwal mereka di beberapa tempt yang berbeda, seperti handphone, komputer ataupun agenda pribadi. Daripada melakukan hal ini, Anda dapat mencoba untuk mengumpulkan semuannya dalam satu tempat. 

Banyak orang yang bilang, kesuksesan diawali dari kebiasaan kecil yang anda lakukan. Dan ternyata hal tersebut memang benar. Bangun pagi misalnya, kebanyakan orang malas bangun pagi, padahal dengan bangun lebih pagi, selain baik untuk kesehatan anda, juga akan membuat anda memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri anda. Jadi mulai sekarang, jika anda ingin jadi orang sukses, anda harus mencoba melakukan beberapa kebiasaan diatas, termasuk bangun pagi!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menjadi Orang Sukses. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. thank nice infonya, silahkan kunjungi web kami http://bit.ly/2MDy4mT

    BalasHapus

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License