Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami

Minggu, 16 Agustus 2015

Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami - Duh susah ya menghiangkan komedo dari wajah kita. Walaupun kita sudah melakukan berbagai macam perawatan, tapi komedo tetap saja tidak mau pergi. Lalu apa itu komedo?

Pada dasarnya komedo adalah pori-pori yang tersumbat, baik yang terbuka maupun yang tertutup. Komedo yang terbuka disebut blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo tertutup disebut whitehead adalah tipe komedo yang terlihat menyerupai bintik-bintik kecil dan memiliki warna putih atau kuning.


Sumber : Annida-Online.com

Penyebab Munculnya Komedo

Komedo yang terbuka atau blackhead disebabkan oleh penyumbatan keratin dan sebum dalam folikel rambut. Komedo berwarna gelap menjelaskan pori-pori kita padat oleh sel-sel kulit mati yang menghitam saat berinteraksi dengan oksigen dari lingkungan. Dikatakan sebagai komedo terbuka, karena lubang pori-pori yang berisi komedo, terbuka pada permukaan kulit dan terbuka untuk oksidasi. 

Sedangkan komedo tertutup atau whitehead biasanya muncul karena adanya minyak dan bakteri yang terperangkap dibawah permukaan kulit dan mengeras. Karena tertutup, komedo jenis ini biasanya terlihat seperti benjolan yang berada dibagian dalam kulit.

Sebenarnya, komedo bisa dicegah dengan mencuci wajah secara teratur dengan menggunakan sabun pembersih wajah atau facial foam. Selain itu kita juga harus menghindari makanan berkalori tinggi, makanan berlemak, atau makanan pedas. Untuk perempuan disarankan juga untuk mengurangi pemakaian alas bedak (foundation). Olah raga teratur, dan menghindari tidur terlalu malam dan terakhir hindari asap rokok.

Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami

Nah, bagaimana jika teman-teman sudah terlanjur memiliki komedo? Tips Jitu Hilangkan Komedo Dengan Bahan Alami
Eits, jangan panik dulu! Ternyata komedo bisa kok dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Gak percaya? berikut ini kami akan membagikan beberapa tips jitu usir komedo dengan bahan alami.

1. Uap Panas
Cara yang pertama ini merupakan cara yang sudah turun temurun dilakukan banyak orang. Dengan menggunakan uap panas, pori-pori kulit kita akan terbuka sehingga komedo dapat dikeluarkan dengan mudah. Untuk menghilangkan komedo dengan uap panas caranya cukup mudah yaitu:
  • Panaskan air hingga mendidih.
  • Masukkan air yang sudah mendidih ke dalam wadah.
  • Hadapkan wajah anda ke wadah yang berisi air mendidih tadi.
  • Tunggu 3 sampai 5 menit.
  • Kemudian tekan pelan bagian hidung yang ada komedonya.
  • Setelah komedo berhasil dikeluarkan, cuci muka dengan air dingin. Air dingin sendiri berfungsi untuk menutup pori-pori yang terbuka oleh uap panas tadi.
  • Terakhir keringkan wajah anda dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk handuk bersih ke wajah anda. Oh ya, cara ini aman untuk dilakukan setiap hari loh!
2. Buah Lemon
Dalam dunia kecantikan, lemon dipercaya memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mencerahkan kulit. Selain itu lemon juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab timbulnya komedo. Untuk menghilangkan komedo dengan buah lemon yang harus anda lakukan adalah:
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Iris buah lemon menjadi dua bagian.
  • Gosok kulit wajah anda secara pelan dan halus dengan menggunakan irisan buah lemon.
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin/air es.
  • Untuk hasil maksimal, anda bisa melakukannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
  • Sebelum melakukan cara ini, pastikan tidak ada luka atau iritasi di wajah anda. Zat asam yang terkandung dalam buah lemon dapat menimbulkan rasa perih di luka anda.
3. Putih Telur
Yups, ternyata telur tidak hanya dapat berfungsi sebagai makanan. Putih telur juga berkhasiat menghaluskan kulit. Namun, tidak hanya itu putih telur juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan komedo. Penasaran? caranya adalah:
  • Bersihkan wajah anda dengan air hangat.
  • Sediakan satu butir telur, kemudian pisahkan putih telur dari bagian kuningnya.
  • Oleskan putih telur ke wajah hingga merata.
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga mengering.
  • Bersihkan wajah anda dengan air dingin.
  • Untuk hasil maksimal anda bisa melakukan cara ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Anda juga bisa mencampurkan putih telur dengan bahan alami seperti madu, atau air perasan jeruk lemon.
4. Lidah Buaya
Biasanya lidah buaya digunakan sebagai bahan campuran shampo, karena lidah buaya dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut. Tapi ternyata selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk membersihkan kulit dari komedo. Untuk mengusir komedo dengan lidah buaya yang harus teman-teman lakukan adalah:
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Siapkan lidah buaya yang masih segar.
  • Patahkan lidah buaya bagian tengahnya dan tekan lidah buaya tersebut hingga mengeluarkan gel.
  • Usapkan gel tersebut ke bagian wajah yang berkomedo.
  • Tunggu beberapa saat, hingga gel mengering lalu bersihkan dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Nah, ternyata mengusir komedo tidak sulit bukan? dengan bahan yang alami dan dalam waktu beberapa menit saja kita sudah bisa mengusir komedo menjauh dari wajah kita.

Artikel Terkait Mengenai Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami

Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami
Jika kalian menyukai artikel Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar www.ayeey.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
Terimakasih telah berkunjung di artikel Tips Jitu Usir Komedo Dengan Bahan Alami

sumber: wikipedia.org, jevuska,org, m.vemale.com, ruangsehatku.blogspot.sg
keyword :cara menghilangkan komedo, cara menghilangkan komedo dan jerawat, cara menghilangkan komedo putih, cara tradisional menghilangkan komedo, cara menghilangkan komedo secara alami, cara menghilangkan komedo di hidung secara alami, cara menghilangkan komedo dengan cepat, cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License