Doa Nabi Sulaiman AS Untuk Mendapatkan Kekayaan

Kamis, 21 Januari 2016

Doa Nabi Sulaiman AS Untuk Mendapatkan Kekayaan - Jika anda seornag muslim, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan 25 nama nabi dan rosul-rosul Allah. Setiap nabi dan rosul memiliki tugas yang sama untuk menyebarkan agama Allah dan perintah untuk menyembah Allah SWT. Para nabi itu tersebar di berbagai daerah di jazirah arab, salah satunya nabi Sulaiman AS. Seperti yang dilansir oleh arraziibrahim.com, nabi Sulaiman AS ada di urutan ke-18 diantara nabi Daud AS dan nabi Ilyas AS. Nabi Sulaiman AS juga merupakan anak dari nabi Daud AD. Sebelum diangkat menjadi nabi, beliau adalah seorang raja dari suatu kerajaan. Nabi Sulaiman AS dan Nabi Daud AS sendiri diutus untuk kaum Bani Israel di Palestina pada waktu itu. Begitu juga dengan Nabi Yahya AS dan Nabi Isa AS. 

Sumber: perkarahati.worpress.com

Sejak masih muda, nabi Sulaiman AS sudah disiapkan oleh nabi Daud AS untuk menjadi raja pengganti sepenginggalnya Nabi Daud AS. Niat Nabi Daud ini bukanlah tanpa alasan, hal ini karena nabi Sulaiman merupakan anak yang paling pandai dibandingkan semua saudaranya bahkan saudaranya yang paling tua sekalipun. Nabi Sulaiman juga dikenal dapat menengahi pertengkaran dan memutuskan sebuah perkara dengan baik dan adil, sehingga saat beliau menjadi raja, beliau akan menjadi raja yang adil dan bijaksana.

Mukjizat Nabi Sulaiman AS

1. Dapat Mengerti Bahasa Binatang
Seperti yang anda ketahui, setiap nabi dan rosul memiliki mukjizat yang berbeda-beda begitu juga dengan Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman sendiri dianugrahkan beberapa Mukjizat oleh Allah SWT, yaitu yang paling terkenal adalah nabi Sulaiman dapat berbicara dengan binatang. Hal ini dijelaskan di dalam Al-Qur'an, surat Al-Naml ayat 18-19.

“…Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari…”; (An-Naml : 18)

Mendengar kata-kata tersebut, nabi Sulaiman tersenyum dan tertawa, lalu berdoa kepada Allah SWT,

“…dan sesungguhnya Kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman dan keduanya mengucapkan; segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dan banyak hambanya yang beriman, dan Sulaiman telah mewarisi Daud dan dia berkata; Wahai manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya semua ini benar-benar satu anugerah yang nyata.” (An Naml: 15-16)

“Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (QS. An-Naml : 19)

2. Nabi Sulaiman AS Dapat Menundukkan Angin
Mukjizat lain nabi Sulaiman yang tidak banyak diketahui orang adalah, beliau dapat menunduukkan angin. Beliau bahkan dapat meminta angin untuk menjadi alat transportasi baginya. Sehingga beliau bisa melakukan perjalanan dengan cepat meski jarak yang ditempuh sangatlah jauh. Mukjizat nabi Sulaiman ini tertulis dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 18.

“…dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman yang perjalanannya pada waktu petang, sama dengan perjalanan sebulan…” (Al anbiya: 18).

3. Sebagian Dari Bangsa Jin Tunduk Kepada Nabi Sulaiman AS
Nabi Sulaiman juga mampu menundukkan mahkluk lain seperti jin. Di masa pemerintahan beliau, bangunan dan istana dikerjakan oleh para jin. Mereka tunduk atas perintah Nabi Sulaiman.

“…dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman yang perjalanannya pada waktu petang, sama dengan perjalanan sebulan dan Kami alirkan cairan tembaga baginya, dan sebahagian daripada jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya, dan siapa yang menyimpang antara mereka daripada perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.” (Al-anbiya: 81)
Doa Nabi Sulaiman AS Untuk Mendapatkan Kekayaan
4. Dapat Mengubah Tanah Menjadi Tembaga
Mukjizat nabi Sulaiman yang lain adalah, beliau bisa mengeluarkan tembaga dari dalam tanah. Tembaga-tembaga ini digunakan untuk membangun istana dan gedung-gedung.


“…dan Kami alirkan cairan tembaga baginya…” (Al anbiya: 18).

Doa Nabi Sulaiman AS Untuk Kekayaan

Seperti yang sudah kita ketahui, nabi Sulaiman adalah seorang raja. Beliau memiliki kerajaan yang sangat besar dan indah, yang bahkan belum pernah dimiliki siapa pun. Kerajaan ini semata-mata adalah doa nabi Sulaiman kepada Allah untuk dapat dianugrahi sebuah kerajaan. Keinginan beliau untuk memiliki kerajaan semata-mata bukanlah untuk tujuan yang menyimpang, melainkan untuk mempermudah dakwah beliau sebagai seorang Nabi Allah. Allah SWT mengabulkan doa beliau dan menganugrahkannya sebuah kerajaan yang besar dan beliau juga memiliki wewenang dan kekuasaan yang kuat. Seperti yang dilansir oleh blogkhususdoa.com, berikut ini doa nabi Sulaiman AS agar diberi kerajaan dan kekayaan yang tidak akan dimiliki oleh siapa pun sesudahnya.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لا يَنْبَغِي لأحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
 Artinya :
Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi" (QS. Shaad : 35)
Doa ini sangat baik untuk dipanjatkan agar kita mendapatkan kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah seperti yang Allah SWT anugrahkan kepada nabi Sulaiman AS. Satu hal yang harus anda ingat, meski pun kita mendapatkan kebahagiaan dan rezeki, jangan pernah lupa untuk mensyukurinya dan menggunakannya untuk berbuat kebaikan. Sama seperti Nabi Sulaiman AS yang meski pun memiliki kekayaan yang tiada bandingannya, beliau tetap mensyukuri nikmat yang diberikan dan menggunakannya untuk tujuan dakwah.

Terima kasih sudah membaca artikel Doa Nabi Sulaiman AS Untuk Mendapatkan Kekayaan. Semoga kita menjadi golongan manusia yang selalu bersyukur atas kekayaan dan rezeki yang Allah SWT berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License