Niat Sholat Hajat, Doa Sholat Hajat, dan Tata Cara Sholat Hajat

Selasa, 05 Januari 2016

Niat Sholat Hajat, Doa Sholat Hajat, dan Tata Cara Sholat Hajat - Setiap orang pasti memiliki banyak keinginan dalam hidupnya. Entah itu keinginan yang sulit dicapai, atau keinginan yang mudah dicapai. Terlepas dari sulit atau mudahnya hal yang kita inginkan, kita diwajibkan untuk berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Dalam ajaran agama islam, saat anda menginginkan sesuatu hal atau apa pun, selain berusaha dengan sungguh-sungguh anda juga diwajibkan untuk berdoa kepada Allah SWT, agar permintaan kita terkabul. 

Sumber: inspirably.com

Karena Allah SWT adalah tuhan yang maha memberi, yang mampu mengabulkan apa pun keinginan anda tidak perduli semustahil apa pun itu. Jika anda sudah berusaha sekuat tenaga, usaha anda akan lebih sempurna jika dibarengi dengan sebuah doa. Untuk itu, berdoa sangatlah penting. Sayangnya kebanyakan orang menyepelekan hal ini. Mereka hanya berusaha terus-terusan dalam mendapatkan sesuatu tanpa berdoa. Satu hal yang anda tahu, sebesar apa pun keinginan anda,dan sekeras apa pun anda berusaha jika Allah SWT tidak meridhoi-nya, keinginan anda akan sangat mustahil untuk terkabul. Bahkan dalam ajaran islam, berdoa saja tidak cukup, karena ada satu ibadah sunnah yang bisa anda lakukan agar keinginan anda terkabul. 

Ya, sholat hajat! Sesuai dengan namanya, sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan oleh orang muslim apabila kita memiliki keinginan yang sulit terkabul. Seperti pada ibadah sholat-sholat lain dalam ajaran islam, sholat hajat pun memiliki gerakan dan bacaan yang sama. Sholat ini adalah sholat sunnah, dan karena hukumnya sunnah, jika anda mengerjakannya selain mendapat pahala kemungkinan keinginan anda terkabul pun akan lebih besar, dan jika anda tidak mengerjakan sholat ini pun anda tidak akan mendapatkan dosa seperti pada sholat lima waktu yang hukumnya wajib. Sholat ini, dikerjakan minimal 2 raka'at dan maksimal 12 raka'at dengan salam setiap kali selesai mengerjakan 2 raka'at. 

Bagi anda seorang muslim yang sedang memiliki keinginan, dan sudah berusaha sekuat tenaga, namun keinginan anda belum terwujud, anda wajib mencoba mengerjakan sholat ini. Toh mengerjakan sholat hajat tidak ada ruginya, dan secara keseluruhan seluruh bacaan dan tata cara mengerjakan sholat ini sangat mudah, jadi anda pasti bisa melakukannya dengan baik. Bicara tentang tata cara sholat hajat, seperti yang dilansir oleh duniainter.net berikut ini kami akan memberikan tata cara sholat hajat, agar anda bisa mengerjakan ibadah sholat ini dengan baik.
Niat Sholat Hajat, Doa Sholat Hajat, dan Tata Cara Sholat Hajatjat

Tata Cara Sholat Hajat

1. Membaca doa iftitah.

2. Membaca surat Al-fatihah.

3. Membaca salah satu surat di Al-Qur'an. Agar lebih afdol, sebaiknya saat raka'at pertama sesudah membaca surat Al-Fatihah, anda membaca surat Al-Ikhlas. Dan di raka'at kedua setelah membaca Al-Fatihah anda membaca Ayat Qursi.

4. Ruku' dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.

5. I'tidal dengan membaca bacaanya.

6. Sujud dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.

7. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya.

8. Sujud dengan membaca bacaanya.

9. Setelah raka'at pertama dan kedua, lalu anda melakukan tasyahud akhir dan ditutup dengan salam.

Mudah bukan cara melaksanakan sholat hajat ini? Setiap ibadah sholat pasti ada niatnya. Selain tata caranya berikut ini kami akan memberikan niat sholat hajat lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia seperti yang sudah dilansir oleh blogkhususdoa.com dibawah ini.

Bacaan Niat Sholat Hajat

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.
 Artinya :
Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Doa Sholat Hajat




لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.
 Artinya :
Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.


Terimakasih Telah Membaca Niat Sholat Hajat, Doa Sholat Hajat, dan Tata Cara Sholat Hajat


Bukan hanya tata caranya saja yang mudah, niat dan doa sholat hajat ini pun sangat mudah untuk dihafalkan. Jadi, mulai sekarang, selain berusaha ayo lakukan shalat hajat ini agar keinginan anda dikabulkan oleh Allah SWT.

Terima kasih sudah membaca artikel Niat Sholat Hajat, Doa Sholat Hajat, dan Tata Cara Sholat Hajatjat ini, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License