Niat Shalat Jum'at Dan Keutamaan Shalat Jum'at

Selasa, 15 Desember 2015

Niat Sholat Jum'at Dan Keutamaan Sholat Jum'at - Sholat jum'at adalah sholat 2 raka'at yang dilakukan di hari jum'at secara berjama'ah setelah khutbah jum'at setelah masuk waktu dzuhur. 

Sumber: aak-share.com

Shalat jum'at diwajibkan bagi laki-laki dan untuk dapat melakukan shalat jum'at secara berjamah, jumlah yang hadir minimal adalah 40 orang dan dilakukan di masjid yang dapat menampung banyak orang. Hukum sholat jum'at bagi laki-laki adalah wajib, hal ini didasarkan dari dalil sholat jum'at yang diambil dari Al-Qur'an, As-Sunnah, dan Ijma atau kesepakatan para ulama. Dalil tersebut bisa dilihat di surat Al-Jumu'ah ayat 9 yang berbunyi,


Sumber: denahajiumroh.com

Sedangkan hadist nabi yang memerintahka untuk sholat jum'at adalah dari hadist Thariq Bin Syihab yang bunyinya,

Sumber: denahajiumroh.com

Jadi hukum sholat jum'at bagi laki-laki adalah fardhu ain atau wajib, sedangkan untuk perempuan tidak diwajibkan namun tetap harus melakukan sholat dzuhur. 

Keutamaan Sholat Jum'at

Keutamaan hari jum'at dalam islam adalah hari jum'at adalah penghulunya hari (sayyidul ayyam). Hari jum'at pun bagi umat islam adalah hari yang istimewa, ini karena Nabi Adam AS diciptakan pada hari jum'at dan dimasukkan ke dalam surga. Selain itu pada hari jum'at juga Nabi Adam dikeluarkan dari surga menuju bumi. Serta terjadinya kiamat pun akan terjadi di hari jum'at sebagaimana yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist.

Sumber: denahajiumroh.com

Pada hari jum'at juga diyakini sebagai hari yang mustajab untuk berdoa dan dosa-dosa diampuni hingga hari jum'at berikutnya bila kita bertaubat dan memperbanyak bacaan istighfar. Sehingga hikmah sholat jum'at sangat besar sekali.

Sunnah Jum'at (Hal-Hal Yang Di Lakukan Di Hari Jum'at)

Setelah mengetahui keutamaan sholat jum'at sebagai penghapus dosa dan penambah pahala, maka yang kemudian harus diketahui adalah hal-hal yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum dan sesudah melakukan sholat jum'at

1. Sunnah-sunnah sebelum sholat jum'at

1. Mandi
2. Memotong kuku dan mencukur
3. Memakai pakaian bersih dan rapi (diutamakan berwarna putih)
4. Memakai wangi-wangian. Barangsiapa yang mandi di hari jum'at, memakai pakaian terbaiknya, dan memakai wangi-wangian kemudian pergi sholat jum'at dan disana tidak melangkahi bahu manusia dan melakukan sholat sunnah, lalu imam datang dan ia diam sampai selesai sholat jum'at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosa-doa antara jum'at itu dan jum'at sebelumnya.
5. Berdoa ketika keluar rumah
6. Segera menuju masjid dan tidak banyak bicara
7. Ketika masuk masjid melangkah dengan menggunakan kaki kanan dan membaca doa
8. Melakukan sholat tahiyatul masjid.
9. Ikhtikaf, membaca Al-Qur'an, dan bershalawat ketika khatib belum naik ke mimbar, namun bila khatib naik ke mimbar sebaiknya jama'ah sholat jum'at mengehntikan dulu dzikirnya, dan mendengarkan khatib khotbah jum'at.
Niat Sholat Jum'at Dan Keutamaan Sholat Jum'at

2. Sunnah-sunnah setelah sholat jum'at

Setelah sholat jum'at, jamaah disunnahkan membaca dzikir dan mengerjakan sholat ba'diyah Jum'at baik ketika di masjid atau setelah dirumah.


Sumber: denahajiumroh.com

Di hari jum'at kita diperintahkan untuk memperbanyak shalawat atas Nabi Muhammad SAW, dari Abu Umamah, Rosullullah SAW besabda,

Sumber: denahajiumroh.com

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang lainnya adalah membaca surat Al-Kahfi dengan rentang dimulai sejak terbenamnya matahari di hari kamis hingga terbenamnya matahari di hari jum'at. Rasulullah bersabda, 

Sumber: denahajiumroh.com

Datang ke masjid lebih awal juga merupakan perbuatan utama bagi laki-laki dihari jum'at. Seperti hadist yang menyebutkan, dari Abu Hurairah, Rasullullah berkata,

Sumber: denahajiumroh.com


Niat Sholat Jum'at Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

1. Niat Sholat Jum'at Bagi Imam

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.
 Artinya :
Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta'ala.
2. Niat Sholat Jum'at Bagi Ma'mum

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.
 Artinya :
Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Itu dia lafadz niat sholat jum'at dan keutamaan sholat jum'at. Sholat jum'at adalah ibadah sholat yang dilakukan di hari jum'at dan wajib bagi laki-laki. Secara umum ibadah ini tidak berbeda dengan ibadah sholat lainnya, hanya niat saja yang berbeda. Oleh karena itu ibadah sholat jum'at bukanlah hal yang sulit dilakukan. Terima kasih sudah membaca artikel niat sholat jum'at dan keutamaan sholat jum'at, semoga artikel Niat Sholat Jum'at Dan Keutamaan Sholat Jum'at ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License