Surat Ayat Kursi, Terjemahannya Dan Keutamaan Ayat Kursi

Selasa, 29 Desember 2015

Surat Ayat Kursi, Terjemahannya Dan Keutamaan Ayat Kursi - Bagi anda umat muslim, pasti tidak asing dengan bacaan ayat kursi. Di Indonesia, ayat kursi bukan hanya dihafal oleh orang dewasa bahkan anak-anak kecil yang masih berusia 7 tahun pun sudah hafal ayat kursi. Ayat kursi memang salah satu ayat yang penting bahkan dalam surat al-baqarah, ayat kursi disebutkan dengan jelas sebagai ayat yang kedudukannya paling agung dalam al-qur'an. Selain merupakan ayat yang memiliki kedudukan paling tinggi dalam al-qur'an, ayat kursi juga memiliki empat keutamaan lain. Seperti yang dilansir oleh muslim.or.id, berikut ini Surat Ayat Kursi Dan Keutamaannya.

Sumber: mujahidinkekasihallah.wordpress.com

4 Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat Yang Paling Agung Dalam Al-Qur'an
Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rosulullah kepada Umay Bin Ka'ab, "Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?" Ubay menjawab, "Ayat Kursi". Maka Rosulullah SAW menepuk pundak Ubay Bin Ka'ab dan berkata, "Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki". (HR. Muslim)
Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena didalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al-Hayyu dan Al-Qayyum. Namun beberapa ulama berselisih mana nama Allah yang paling agung diantara Al-Hayyu dan Al-Qayyum.


2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena didalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)".

Surat Ayat Kursi, Terjemahannya Dan Keutamaan Ayat Kursi
3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila kamu mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Al-Bukhari).
Jadikanlah Ayat Kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca sebelum tidur. Selain itu baca juga Ayat Kursi sebagai bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang selalu membaca Ayat Kursi setelah shalat, maka tidak ada yang bisa menghalanginya masuk surga kecuali kematian". (HR. An-Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani). 

Beberapa hadist diatas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Apabila kita rutin membacanya, maka kita mendapatkan banyak keutamaan. Hendaknya setiap muslim bersemnagat untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi dirinya, khususnya bagi akhiratnya. Ayat kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit dihafal, justru sebaliknya untuk ayat yang paling agung kedudukannya dalam al-qur'an, Ayat Kursi sangat mudah dibaca dan dihafalkan. Berikut ini bacaan  Ayat Kursi lengkap dengan bacaan bahasa arab dan artinya.

Bacaan Surat Ayat Kursi Dengan Huruf Arab, Latin, dan Artinya


اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ 


ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

 Artinya :
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)


Ayat Kursi MP3






Klik disini untuk save mp3 ayat kursi ►►►►►► SEDOT


Terima kasih sudah membaca artikel Surat Ayat Kursi, Terjemahannya Dan Keutamaan Ayat Kursi. Semoga Ayat Kursi dan Keutamaannya bisa bermanfaat bagi anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License