Niat Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud

Kamis, 31 Desember 2015

Niat Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud - Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sholat sunnah dalam agama islam. Sunnah artinya bila anda mengerjakan ibadah sholat tahajud, anda akan mendapatkan pahala, namun bila anda tidak mengerjakannya anda tidak akan mendapatkan dosa. 

Sumber: inspiratorfreak.com

Sholat tahajud sendiri dikerjakan di sepertiga malam, setelah orang yang mengerjakannya tidur terlebih dahulu. Maksudnya adalah, jika anda ingin mengerjakan ibadah sholat tahajud, anda harus tidur terlebih dahulu dan akhirnya bangun ditengah malam untuk melaksanakan sholat ini. Sama seperti sholat dhuha, sholat tahajud dikerjakan paling sedikit 2 raka'at dan paling banyak adalah kelipatan dari 2 raka'at misalnya 4 raka'at, 6 raka'at dan seterusnya dengan salam setiap selesai mengerjakan 2 raka'at. Ibadah sholat tahajud, memiliki pahala yang besar, selain pahala sholat tahajud juga memiliki 3 manfaat utama. Berikut ini niat sholat tahajud 3 manfaatnya seperti yang dilansir oleh shalat-tahajud.info dibawah ini.

3 Manfaat Sholat Tahajud

1. Membawa Kita Ke Tempat Terpuji Di Sisi ALLAH SWT
Inilah janji dari Allah SWT yang akan mengangkat umat-NYA ke tempat yang terpuji, bagi mereka yang melakukan shalat tahajud dengan tekun dan ihklas menghadap ridha Sang Illahi. (QS : Al-Isro ayat 97).
Mendapatkan tempat yang terpuji, tempat yang spessial di sisi Allah SWT tentu merupakan impian seluruh umat muslim di dunia. Mendapatkan tempat terpuji, tempat yang spessial di sisi Allah SWT sama artinya dengan terbentangnya jalan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Terbentang pula jalan kebahagiaan yang hakiki, jalan lurus menuju surga yang abadi sekaligus menjadi mulia di sisi Sang Pencipta.

2. Shalat Yang Mujarab Untuk Mengantarkan Doa dan Harapan
Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang utama, dan merupakan media yang mustajab untuk menghantarkan doa-doa kita kepada Yang Maha Memberi. Dengan keyakinan yang teguh doa akan dikabulkan oleh Allah swt soleh eperti yang telah diriwayatkan hadist berikut ini.

Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim).

Seperti yang diriwayatkan oleh hadist di atas, dalam sepertiga malam terakhir, Allah SWT dan seluruh malaikat-Nya akan turun ke langit dunia dan mendengarkan serta memperkenankan segenap doa yang dihantarkan oleh mereka yang menjalankan sholat tahajud.


3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Melakukan shalat tahajud dengan tekun dan konsisten juga akan membuat kita makin dekat dengan Sang Ilahi. Kedekatan ini niscaya akan membuat hati dan batin kita kian tenang dalam menghadapi kehidupan yang penuh dinamika ini.

Ketenangan hati yang hakiki hanya akan bisa kita rajut kala kita merasa dekat dengan Sang Pelindung Sejati – Sang Ilahi. Ketenangan hati, ketentraman pikiran dan kejernihan nurani pelan pelan akan mengendap dalam segenap raga kita jika mampu menjalani shalat tahajud dengan tekun.

Ketenangan hati dan ketenteraman pikiran yang hakiki pada gilirannya akan memberikan bahan dasar yang penting untuk merajut kebahagiaan hidup yang sejati. Insan yang bertekun menjalani shalat tajajuh niscaya akan mengalami aura ketentraman hati dan sensasi kebahagiaan yang enghujam dalam jiwanya. Kebahagiaan lantaran ia bisa merasakan kedekatan dan membangun interaksi yang intens dengan Sang Pemberi Hidup.

Niat Sholat Tahajud 


Niat Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud   اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.
 Artinya :
Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala


Pada dasarnya niat sholat tahajud hampir sama dengan niat sholat dhuha atau sholat wajib, hanya sedikit perbedaannya. Selain perbedaan niat, gerakan dan bacaan sholat tahajud sama seperti bacaan sholat pada umumnya, yang membuatnya berbeda adalah, karena sholat ini dikerjakan di sepertiga malam, dimana Allah membuka seluruh pintu doa dan mengabulkan seluruh doa. Meski pun kebanyakan orang kesulitan untuk bangun di sepertiga malam, bila anda benar-benar berniat untuk bisa mengerjakan sholat sunnah tahajud, insaallah, anda pasti bisa bangun di sepertiga malam. 

Terima kasih sudah membaca artikel Niat Sholat Tahajud dan Manfaatnya, semoga artikel Niat Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. Explore IT.
Design by Herdiansyah Hamzah. & Distributed by Free Blogger Templates
Creative Commons License